Cecillia Hidayat
Sejak kapan memutuskan untuk menjadi artist/illustrator/ apa sebutan yang cecil inginkan, dan mengapa?
Sebetulnya dari kecil udah seneng gambar dan selalu punya cita-cita kerja di Disney (karena dulu referensinya cuma itu…hahaha) Tapi memutuskan jadi ilustrator baru sekitar 10 taun yang lalu, lulus kuliah DKV, 4 tahunan kerja di advertising agency lalu menyerah karena merasa kayanya lebih seneng jadi ilustrator…hehehe 🙂 Kalo ditanya kenapa, karena aku anaknya introvert banget, disuruh ngomong suka gelagapan. Menggambar bikin aku jadi lebih gampang berkomunikasi dan menyampaikan pikiran 🙂
======
Apa yg paling cecil banggakan dalam profesi ini yg membuat cecil terus maju dalam berkarya di bidang ini Apa ya? Kalo alasan pribadi mah bangga karena aku beneran melakukan sesuatu yang aku suka, bukan sekadar untuk menjalani idup hari-hari aja…hehehe
Apa keunikan yang mencolok dari style illustrasi cecil dibandingkan dengan illustrator lain Gw males mikir! Banyak yang bilang bisa langsung relate sama karya aku karena sangat literal…. gak banyak yang tersirat, semuanya blak-blakan dan dibikin dengan gaya anak-anak (soalnya disuruh bikin gaya lain gak bisa :p)
Apa ada yg ingin cecil tunjukkan/ bagikan- berupa manfaat ke sekitar dari profesi ini? Waduh berat ya pertanyaannya…sejujurnya aku gak punya niat mulia semacam itu… menggambar beneran buat diri sendiri aja, buat cari duit dengan cara bekerja yang “tidak terpaksa”. Tapi selalu seneng kalo ada orang yang komen “wah gambarnya gw banget nih, wah gw tau banget nih rasanya”, semacam itu. Sukur-sukur bisa bikin orang lain yang terlalu merasa “sendiri” karena bisa relate dengan karya gw, atau bisa menggugah perasaan tertentu dari yang liat karya gw 🙂
Design seperti apa yang cecil sukai dan siapa yang paling mempengaruhi karya cecil Design yang witty dan relatable, sama karena aku jompo, selalu suka dengan visual vintage…hahaha :p Artist yang paling aku suka itu May Ann Licudine, Mary Blair, Kei Acedera dan Charles Santoso.
Bagaimana Cecil mengembangkan karya , apakah karya yang paling lama dan karya paling baru masih punya kesamaan? Bagaimana caranya…engga tau juga…hahaha…perbanyak referensi dan pengalaman, lalu karyanya otomatis berkembang sendiri. Kalo ditanya kesamaannya…masih sama-sama simpel dan literal kali ya…lagi-lagi, karena gw anaknya males mikir. Hahaha :p
Apa yang cecil lakukan pada saat kehilangan motivasi atau ide atau creative block Jalan-jalan ke sawah, nonton pilem, baca buku, kalo bisa enggak menggambar sama sekali biar ganti suasana.
=======
Apa yang membuat Cecil menerima collabworx dari sewstories Takut dihajar sama Imel kalo gw tolak ajakannya. Hahahaha! Gak deng, dari dulu udah suka stalking sewstories dan suka sama karya karyanya, walopun gak pernah beli (punten euy hahahah), makanya pas diajakin collab, mau bangetttt!
Bagaimana proses kreatif cecil dalam project magical circus ini Tadinya kebayangnya beneran sirkusnya aja sih, warna-warni tapi gloomy gitu. Mulai ngumpulin referensi dari pinterest dan pilem, lalu eksekusi. Tapi dikasih masukan sama Imel untuk nambahin foreground hutan, yang ternyata bikin hasil akhirnya jadi oke bangettt.
Apa pesan dan harapan cecil tentang perlunya penghargaan terhadap seni dan kreatifitas ? perlu / engga? mengapa?
Penghargaan tentunya perlu biar makin semangat dalam berkarya. Tapi penghargaan bukan yang paling penting sih. Kalo buat aku, penghargaan dari manapun masih kalah
dengan rasa puas setelah ngelarin satu karya dengan sepenuh hati (ceileh). Walopun ya pastinya klepek-klepek kalo dapet apresiasi dari orang-orang, apalagi dari panutan tentunya 🙂
Satu hal yang selalu aku pegang sampe sekarang, kritik itu emang sakit, tapi pujian berpotensi untuk membunuh 🙂
—
Regards,